Bengkel Bandung RJ Motor Pasteur
Call | 0812-8744-3608 (WA)

Bengkel panggilan Bandung melayani 24 jam

Perbaikan AC Mobil Bocor, Tidak DIngin Atau Mati Total

Permasalahan AC mobil yang tidak dingin memang kerapkali terjadi. Ada beberapa faktor penyebab AC tidak dingin ketika dinyalakan. Akan tetapi, kebanyakan pemilik mobil tidak begitu mengetahui apa penyebab AC mobil menjadi tidak dingin lagi terutama ketika dinyalakan di siang hari. Padahal, AC mobil sangat penting digunakan apalagi saat siang hari ketika cuaca sedang panas. Namun, kerusakan yang terjadi pada AC mobil membuat kita menjadi jengkel. Untuk itu, perlu mengetahui penyebab dan tips mengatasi AC mobil yang tidak dingin.

Jenis Kerusakan dan Cara Mengatasinya

 

Untuk memperbaiki AC mobil yang tidak dingin, sebaiknya kita perhatikan terlebih dahulu di bagian mana terjadi kerusakan dalam komponen AC mobil tersebut. Ada beberapa jenis kerusakan dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin yang harus Anda ketahui sebagai berikut:

1. AC Dalam Keadaan Hidup Tapi Tidak Dingin

Apabila Anda menjumpai kasus yang seperti ini, misalnya saja AC mobil dalam keadaan hidup namun tetap tidak bekerja dengan semestinya. Penyebab AC tidak dingin sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti adanya kerusakan pada kompresor, sekring, magnetic cludt, penyumbatan pada filter dryer, dan evaporator. Adapun cara memperbaiki AC Mobil tidak dingin dengan kasus seperti ini, yaitu dengan memeriksa bagian sekring atau fuse, kemudian periksa tekanan bagian refrigerant atau pendingin apakah terdapat kebocoran. Jika terjadi kebocoran, maka Anda bisa mengetahui lokasi kebocoran dan bisa memperbaikinya. Kemudian Anda bisa melakukan vacuum kemudian tambah oli, lalu isi lagi menggunakan refrigerant baru. Selain memeriksa bagian refrigerant, Anda bisa mengecek kompresor apabila rusak maka Anda bisa menggantinya atau memperbaikinya. Selain itu, cara mengatasi AC mobil tidak dingin untuk kasus ini bisa dengan cara membersihkan kotoran pada evaporator.

2. Switch AC Dengan Kondisi ON, Blower Tidak Hidup

Apabila Anda menjumpai kasus switch AC ON tapi blower tidak hidup, maka Anda bisa melakukan cara memperbaiki AC mobil tidak dingin di siang hari dengan memeriksa bagian komponen dari motor blower yang terdapat pada evaporator. Apabila terjadi kerusakan maka Anda bisa memperbaiki atau mengganti bagian motor blower evaporator tersebut. Selain itu, Anda bisa memeriksa bagian aliran listrik di blower evaporator tadi. Apabila terjadi kabel yang putus atau switch blower rusak, harus segera memperbaikinya.

3. AC Mobil Yang Kurang Dingin

Apabila AC mobil Anda kurang dingin ketika dinyalakan maka Anda bisa memperkirakan penyebabnya, seperti permasalahan pada kondensor, thermostat, kondensor maupun evaporator yang terjadi kebocoran. Cara mengatasi AC mobil tidak dingin ini bisa dengan cara memeriksa kondisi thermostat dan memeriksa bagian stelat. Apakah masih berfungsi baik ataukah tidak. Apabila tidak berfungsi, maka Anda bisa mengganti bagian ini. Selain itu, lihat bagian kondensor apakah tertutup oleh benda lain ataukah tidak. Hal ini bisa saja terjadi karena benda lain seperti plastik bisa menyebabkan kondensor tidak maksimal melepaskan kalor refrigant yang berasal dari kompresor.

4. Tidak Berfungsinya Kipas Kondensor

Apabila terjadi kasus kondensor AC pada mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan mengakibatkan AC mobil menjadi tidak dingin. Hal ini dikarenakan kalor yang dilepaskan oleh kondensor sendiri tidak bekerja maksimal. Adapun cara mengatasi AC mobil tidak dingin pada kasus ini adalah dengan memeriksa bagian sekring, kabel, konektor elektrik blower, dan socket kabel. Apabila ada yang rusak maka harus segera memperbaikinya. Anda juga bisa memeriksa bagian relay pada motor kipas, jika ada kerusakan maka Anda harus mengganti relay tersebut.


Bengkel Bandung RJ Motor Pasteur

perbaikan kendaraan dan ac mobil

 

Perbaikan AC Mobil Ditempat dan Panggilan

Pintu tol pasteur, Jln Sukaraja 1

0812-8744-3608 (WA)

Tinggalkan Balasan